Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ternyata Ini, Alasan kenapa penjual memberitahu harga via inbox

Ternyata Ini, Alasan kenapa penjual memberitahu harga via inbox


Halo sobat online, Pernah nggak sih kalian mendengar atau menjumpai seorang pedagang online atau yang lebih akrab di kenal dengan online shop ketika memposting barang untuk dijual mereka selalu menjawab cek inbox saat ditanya soal harga. Ya, hal seperti ini sudah sangat lumrah kita temukan pada akun-akun sosial media online shop baik itu di instagram maupun facebook. 

Saat online shop memposting barang untuk di jual pasti ada saja yang menanyakan soal harga barang yang dijual melalui kolom komentar. Hal ini biasanya sering terjadi karena online shop tersebut tidak menyertakan harga pada postingan jualannya.

Pada saat ada orang yang menanyakan soal harga kepada online shop tersebut biasanya ia akan menjawab dengan kalimat "cek inbok gan, cek inbok sis, cek inbox mbak, cek inbox kak, dm kak, pm kak" dan lain sebagainya. Hal ini biasanya sering dilakukan oleh online shop untuk memberitahukan kepada calon pembelinya bahwa ia telah mengirimkan detail barang yang ditanyakan pada percakapan yang lebih pribadi atau yang biasa disebut dengan inbox. 

Pernah nggak sih kalian terpikirkan kenapa oline shop tersebut tidak menjawabnya secara langsung di kolom komentar. Toh, jika dia menjawabnya secara langsung, sudah pasti tidak akan ada calon pembeli lainnya yang menanyakan hal tersebut secara berulang. 

Hmmm......, mungkin diantara kalian ada yang pernah berpikir seperti itu. Sebenarnya bukan hanya kalian, dulu saya juga sempat berpikir demikian. Akan tetapi, setelah membaca beberapa artikel yang membahas tentang alasan online shop selalu menjawab cek inbox saat ditanya soal harga, saya menjadi paham kenapa ia melakukan hal tersebut. 

Nah, sebelum melanjutkan pembahasan ini, saya ingin bertanya kepada kalian sebagai calon pembeli. Pernahkah kalian merasa kesal ketika ada online shop yang menjawab pertanyaan harga barang dengan jawaban cek inbox ? Pasti pernah donk.

Eitsss, jangan marah ya..... Sebenarnya ada alasan kuat di balik jawaban yang mereka berikan kepada calon pembeli di kolom komentar postingan jualan mereka. Saya yakin, setelah membaca penjelasan dari artikel ini, kalian akan berpikir dua kali untuk merasa kesal ataupun marah kepada online shop yang selalu menjawabnya seperti itu. 

Mau tahu alasan online shop selalu menjawab cek inbox ketika ditanya soal harga? Yuk simak pembahasan berikut ini.

1. Lebih Personal


Arti lain dari personal adalah pribadi. Ketika seorang calon pembeli di ajak beralih ke pesan inbox yang lebih personal maka hal tersebut dapat membuat calon pembeli merasa lebih dihargai privasinya. Mengapa demikian?  

Coba deh kamu bayangkan. Apakah calon pembeli akan melulu bertanya soal harga barangnya saja? Tentu tidak kan. Biasanya setelah mereka bertanya tentang harganya, akan ada pertanyaan lain yang menyusul setelah melontarkan pertanyaan tentang harga barang tersebut. 

Dengan cara memberi tahu harganya di pesan yang lebih personal maka online shop tersebut akan lebih mudah melindungi privasi dari calon konsumennya jika se waktu-waktu ada pertanyaan yang bersifat sensitif.

Jadi, catat ya! Apabila ada online shop yang membalas pesan melalui dm atau inbox maka tujuan mereka salah satunya adalah melindungi privasi dari calon pembelinya. 

2. Supaya mudah closing


Dengan melalukan komunikasi yang lebih personal maka olshop tersebut akan lebih mudah dalam bernegosiasi kepada calon pembelinya. Dengan pendekatan yang lebih pribadi ini tentunya akan membuat mereka lebih cepat closing di bandingkan dengan chat melalui kolom komentar. 

Percaya atau tidak, namun saya sudah membuktikannya sendiri. Chat yang lebih pribadi dapat meningkatkan jumlah closing dibandingkan dengan membalas percakapan di kolom komentar. Hal ini bisa saja terjadi karena chat pribadi lebih banyak memberikan kita ruang untuk memanage atau menyakinkan calon pembeli terhadap produk yang dijual. 

3. Melindungi Reseller


Salah satu alasan lain yang tidak kalah penting kenapa online shop selalu menjawab cek inbox ketika di tanya soal harga adalah untuk melindungi reseler mereka. Mengapa demikian?

Ya, seperti yang kita ketahui bersama. Biasanya online shop tidak serta merta menjual barang mereka sendirian. Terkadang mereka juga memiliki para reseller untuk membantunya menjual barang. 

Nah, biasanya harga yang di patok oleh setiap reseller itu berbeda beda dengan harga yang dipatok oleh produsennya. 

Dengan demikian apabila online shop tersebut memberi tahukan harga barang yang dijualnya melalui kolom komentar maka hal tersebut dapat menghancurkan harga yang dipatok oleh setiap resellernya.

Jadi, ingat ya! salah satu tujuan online shop selalu menjawab cek inbox ketika ditanya soal harga  adalah untuk melindungi reseller mereka. 

4. Mencari Calon Pembeli Berkualitas


Alasan lain kenapa online shop selalu mejawab cek inbox saat ditanya soal harga adalah untuk menyaring calon pembeli yang berkualitas. Berkualitas disini maksudnya adalah calon pembeli yang memang benar-benar memiliki minat untuk membeli barang mereka. 

Dengan cara memberi tahu harga melalui inbox para online shop tentunya bisa tahu manakah calon pembeli yang benar - benar minat terhadap barang yang dijual dan calon pembeli yang hanya sekedar iseng bertanya saja atau kata lain yang tepat adalah php alias pemberi harapan palsu. 

5. Menghindari protes dari pembeli lain


Setiap konsumen tentunya memiliki karakter yang berbeda-beda ketika melakukan negosiasi terhadap suatu barang. Hal ini sudah menjadi tradisi turun temurun yang tidak bisa dilupakan begitu saja terutama yang berkaitan dengan harga barang. 

Sebagai seorang penjual apalagi seorang online shop tentunya harus pintar-pintar menyiasati hal seperti ini agar tidak boncos atau rugi. 

Misalkan saja pembeli pertama meminta harga diskon ketika mereka mengambil barang dengan jumlah yang lebih banyak. Katakanlah jumlahnya 1000 pcs .

Lalu, ada pembeli kedua yang meminta diskon dengan harga yang sama seperti pembeli pertama tadi namun jumlah barang yang di inginkan adalah 10 pcs saja. Selanjutnya ada pembeli ketiga yang meminta harga yang sama seperti pembeli pertama dan kedua sedangkan jumlah barang yang diinginkan adalah 5 pcs saja.

Hal seperti ini tentu saja akan menimbulkan banyak protes dari pembeli lain jika tidak di siasati. Nah, oleh sebab itu, agar hal tersebut tidak terjadi maka online shop tersebut akan mengajak calon pembelinya ke percakapan yang lebih pribadi seperti misalnya inbox. 

Apakah ini masuk akal ?

6. Menghindari calon pembeli yang usil


Pernah nggak sih kalian berada di posisi sebagai seorang penjual atau katakanlah online shop? Jika pernah, apakah kalian juga penah melalukan promosi di media sosial?

Jika hal tersebut juga pernah kalian lakukan, apakah kalian pernah mendapatkan komentar dari orang lain bahwa harga yang kalian berikan itu mahal?

Kata "mahal" disini tentu saja akan memberikan perspektif yang buruk terhadap barang yang kalian jual. Hal ini bisa saja terjadi karena orang lain akan menganggap bahwa ternyata masih ada online shop lainnya yang menjual barang yang sama dengan harga yang lebih murah. 

Jika hal ini dibiarkan begitu saja maka barang dagangan yang anda jual kemungkinan besarnya tidak akan pernah laku terjual. 

Untuk mengatasi hal tersebut biasanya online shop tidak memberikan informasi soal harga barang yang dijualnya untuk menghindari pembeli yang usil. 

7. Menghindari komentar tawar menawar


Setiap penjual pasti sudah pernah mendapati konsumen yang melakukan penawaran terhadap barang yang dijual. Tidak jarang dari mereka biasanya akan memberikan penawaran yang cukup bikin si penjual begitu nyesek....!!!!

Jika cuma satu orang saja yang melakukan penawaran, mungkin hal tersebut tidak begitu berarti. Akan tetapi, calon pembeli lain biasanya akan ikut melakukan penawaran yang tidak kalah bikin nyeseknya setelah melihat penawar sebelumnya. 

Hal seperti ini tentu saja akan membuat barang yang dijual semakin tidak ada nilainya lagi . Oleh sebab itu, sangat penting hukumnya bagi online shop untuk menggiring calon pembeli ke percakapan yang lebih personal atau inbox. 

8. Menghindari kompetitor nakal


Alasan terakhir kenapa online shop atau olshop memberi tahu harga via inbox adalah untuk menghindari kompetitor yang nakal. Nakal disini maksudnya adalah kompetitor yang suka menyerobot calon pembeli kita dengan memberikan penawaran yang lebih murah dibandingkan dengan barang dagangan kita.

Hal seperti ini tentunya sangat merugikan bagi kita karena kita yang capek capek promosi di sosial media namun malah kompetitor nakal tersebut yang closing. 

Untuk menghindari hal tersebut biasanya online shop akan menyiasatinya dengan menggiring calon pembeli ke percakapan yang lebih personal. Dengan percakapan yang lebih personal ini tentunya akan mengurangi risiko munculnya kompetitor yang nakal............

Sampai disini, saya yakin kalian sudah cukup paham dengan apa yang telah saya sampaikan tersebut. Semoga kalian tidak merasa kesal lagi ya,.... dengan online shop yang selalu menjawab cek inbox ketika di tanya soal harga. 

Sebenarnya tujuan mereka itu baik, cuma kitanya aja yang kadang-kadang menghakimi mereka dengan prasangka yang kurang baik. 

So, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.....................